√ Bagaimana Cara Turun Kelas BPJS ? Berikut Cara Serta Syarat dan Ketentuan Terbaru | BakaMitai

Bagaimana Cara Turun Kelas BPJS ? Berikut Cara Serta Syarat dan Ketentuan Terbaru

cara turun kelas bpjs
cara turun kelas bpjs

Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara untuk menurunkan kelas BJPS kalian serta syarat dan daftar tempat pelayan yang bisa Kamu Tuju, Simak lebih lanjut disini !

Apakah kamu sedang mencari cara Bagaimana Cara Turun Kelas BPJS dan ingin mengurai biaya iuran ? Berikut kami sajika cara dan tutorial yang bisa kamu ikuti untuk menurunkan biaya iuran BPJS.

Salah satunya karena tidak kuat membayar iuran menyusul kenaikan pada 1 Juli lalu sehingga berpikir untuk turun kelas BPJS.

Kenaikan itu sebelumnya tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Perpres 64/2020 mengatur perubahan besaran iuran dan adanya bantuan iuran bagi peserta mandiri oleh pemerintah.

Dalam artikel ini sudah kami bahas berapa saja kenaikan iuran untuk BPJS serta cara untuk turun kelas, simak lebih lanjut dibawah ini.

Kenaikan Iuran Terbaru BPJS 2020/2021

Tahukah kamu bahwa iuran BJPS sudah resmi naik mulai pada tanggal 1 Januari 2020. Hal ini sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Terdapat beberapa kenaikan iuran bagi peserta mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP). Berikut daftar lengkapnya :

  • Kelas 1 = Rp160 ribu per orang per bulan
  • Kelas 2 = Rp110 ribu per orang per bulan
  • Kelas 3 = Rp42 ribu per orang per bulan.

Klik Pedulilindungi. id / cek nik, Cek Penerima Vaksin Dengan KTP

Cara Turun Kelas BPJS Terbaru

Untuk proses turun kelas BPJS sudah semakin dipermudah mulai pada bulan April 2020 lalu.

BPJS Kesehatan telah meluncurkan program terbarunya yaitu PRAKTIS. Lalu apa itu PRAKTIS? PRAKTIS merupakan kependekan dari Perubahan Kelas Tidak Sulit.

Sehingga dengan program PRAKTIS, Anda peserta mandiri bisa mendapat kemudahan untuk turun kelas perawatan. Periode turun kelas ini berlaku hingga 30 April 2020.

Syarat Turun Kelas BPJS

Berikut adalah syarat serta ketentuan untuk dapat turun kelas rawat, adapun daftarnya sebagai berikut :

  • Turun kelas rawat kurang dari 1 tahun hanya dapat dilakukan 1 kali selama periode PRAKTIS hingga 30 April 2020
  • Turun kelas rawat berlaku untuk seluruh anggota keluarga dalam 1 Kartu Keluarga (KK) dengan katogori kelas rawat yang sama. Misalnya Anda mengajukan permohonan turun dari kelas 1 ke kelas 3, kalau di KK Anda masih menjadi satu dengan bapak, ibu, dan kakak atau adik, berarti anggota keluarga tersebut juga didaftarkan turun kelas 3.
  • Program PRAKTIS dapat diikuti peserta mandiri yang sudah mendaftar dan membayar iuran pertama sebelum 1 Januari 2020.
  • Peserta mandiri yang mau turun kelas pada bulan berjalan, maka pemberlakuan kelas rawat yang baru adalah 1 bulan berikutnya.
  • Bila sudah turun kelas, dan mau mengajukan perubahan kelas lagi, misalnya naik kelas, baru bisa dilakukan setelah peserta 1 tahun berada di kelas perawatan yang sama.
  • Jika peserta mandiri mengajukan turun kelas setelah lewat 30 April 2020 atau program PRAKTIS berakhir, maka berlaku aturan awal.

Login pedulilindungi.id/cek-nik Untuk Cek Penerima Vaksin Gratis Menggunakan NIK KTP

Daftar Tempat layanan perubahan/pindah kelas rawat

Adapun tempat serta layanan yang bisa kamu gunakan untuk pindah kelas rawat, berikut adalah daftarnya :

  • Aplikasi mobile JKN Peserta membuka aplikasi mobile JKN dan klik menu ubah data peserta lalu masukkan data perubahan.
  • BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 Peserta menghubungi Care Center dan menyampaikan perubahan data peserta dimaksud.
  • Mobile Customer Service (MCS) Peserta mengunjungi Mobile Customer Service (MCS) pada hari dan jam yang telah ditentukan, mengisi formulir daftar isian peserta (FDIP) dan menunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan.
  • Mal pelayanan publik Peserta mengunjungi Mal Pelayanan Publik, mengisi FDIP, dan menunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan.
  • Kantor cabang dan kantor kabupaten/kota Peserta mengunjungi kantor cabang atau kantor kabupaten kota, mengisi FDIP, mengambil nomor antrean pelayanan loket perubahan data, dan menunggu antrean.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Bagaimana Cara Turun Kelas BPJS ? Berikut Cara Serta Syarat dan Ketentuan Terbaru. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian yang sedang membutuhkannya. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.