Cara Cek Nama Penerima PKH Maret 2022 Lewat HP Dengan Mudah

Cara Cek Nama Penerima PKH Maret 2022 Lewat HP Dengan Mudah
Cara Cek Nama Penerima PKH Maret 2022 Lewat HP Dengan Mudah

Silahkan datang kesini, bagi anda yang sedang mencari informasi tentang Cara Cek Nama Penerima PKH Maret 2022 Lewat HP Dengan Mudah. Selengkapnya, inilah artikel yang akan membahas tuntas tentang Cara Cek Nama Penerima PKH Maret 2022.

Cek Daftar Nama Penerima PKH Maret 2022 Bansos Rp 10,8 Juta

Bakamitai.com – Seperti diketahui bila memenuhi persyaratan Kemensos soal PKH, masyarakat bisa mendapatkan bansos hingga Rp10,8 juta sekali pencairan.

Bansos PKH atau Program Keluarga Harapan merupakan program Kemensos yang bertujuan untuk membantu masyarakat miskin terbebas dari jerat kemiskinan.

Harapannya dengan bansos PKH tersebut, masyarakat miskin dapat mengakses pelayanan kesehatan, pangan gizi hingga pendidikan dalam menuntaskan visi itu.

Apa Itu Program Keluarga Harapan?

Program Keluarga Harapan yang selanjutnya disebut PKH adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH.

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indone­sia telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka. Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Melalui PKH, KM didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan, dan pendampingan, termasuk akses terhadap berbagai program perlindungan sosial lainnya yang merupakan program komplementer secara berkelanjutan. PKH diarahkan untuk menjadi episentrum dan center of excellence penanggulangan kemiskinan yang mensinergikan berbagai program perlindungan dan pemberdayaan sosial nasional.

Misi besar PKH untuk menurunkan kemiskinan semakin mengemuka mengingat jumlah penduduk miskin Indonesia sampai pada Maret tahun 2016 masih sebesar 10,86% dari total penduduk atau 28,01 juta jiwa (BPS, 2016). Pemerintah telah menetapkan target penurunan kemiskinan menjadi 7-8% pada tahun 2019, sebagaimana tertuang di dalam RPJMN 2015-2019. PKH diharapkan dapat berkontribusi secara signifikan untuk menurunkan jumlah penduduk miskin, menurunkan kesenjangan (gini ratio) seraya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa PKH memberikan dampak terhadap perubahan konsumsi rumah tangga, seperti di beberapa negara pelaksana CCT lainnya. PKH berhasil meningkatkan konsumsi rumah tangga penerima manfaat di Indonesia sebesar 4,8%.

Kategori Penerima BST PKH

Pada tahun 2022 ini, Pemerintah menganggarkan Rp28,7 triliun untuk program Bansos PKH yang ditujukan bagi 10 juta keluarga penerima manfaat.

Adapun kategori penerima bansos PKH tersebut, antara lain anak usia dini, siswa SD hingga SMA, penyandang disabilitas, ibu hamil dan lansia. Berikut adalah rincian bantuan BST PKH:

  • Kategori Ibu Hamil/Nifas : Rp. 3.000.000,-
  • Kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun : Rp. 3.000.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat : Rp. 900.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat : Rp. 1.500.000,-
  • Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat : Rp. 2.000.000,-
  • Kategori Penyandang Disabilitas berat : Rp. 2.400.000,-
  • Kategori Lanjut Usia : Rp. 2.400.000,-

Asumsi mendapat Rp 10,8 juta tersebut yakni berasal dari persyaratan dalam 1 keluarga, hanya 4 orang saja yang mendapatkan BLT PKH dari Kemensos.

Begini Cara Cek Nama Penerima PKH Maret 2022 Lewat HP

Apabila belum terdaftar sebagai penerima Bansos PKH, warga miskin bisa mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

  • Download aplikasi Cek Bansos di Google Play Store
  • Jika belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu membuat user id memakai data diri lengkap seperti KTP, KK dan foto selfie
  • Jika akun selesai dibuat, login kembali ke aplikasi Cek Bansos memakai user id dan password
  • Setelah itu akan muncul menu Profil, Cek Bansos, Tanggapan Kelayakan, dan Daftar Usulan
  • Jika ingin daftar bisa klik menu Daftar Usulan
  • Daftar calon penerima Bansos PKH dengan mengisikan data diri lengkap, lengkap dengan foto selfie dan foto rumah

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menargetkan penyaluran PKH akan selesai pada 3 Maret 2022. Semula bansos sembako ditargetkan selesai penyalurannya pada Februari 2022 ini.

“Untuk bansos lancar. Rata-rata sudah mencapai di atas 30 persen. Diharapkan 3 Maret nanti kelar, semua sudah tersalurkan,” ucapnya dikutip dari Antara, Senin, 28 Februari 2022.

Dengan demikian, artinya bansos PKH tahap 1 cair mulai 21 Februari 2022 hingga 3 Maret 2022. Untuk tahap 2 hingga 4, menyesuaikan kebijakan Kemensos.

Akhir Kata

Demikian artikel berjudul Cara Cek Nama Penerima PKH Maret 2022 Lewat HP Dengan Mudah. Semoga dapat bermanfaat dan membantu anda yang sedang mencari informasi tersebut. Sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.

Referensi: Pikiran-Rakyat