√ Cara Daftar Peserta PKH Online 2020?, Inilah Syarat dan Ketentuannya | BakaMitai

Cara Daftar Peserta PKH Online 2020?, Inilah Syarat dan Ketentuannya

tutorial mendaftar peserta pkh online 2020 lewat hp
tutorial mendaftar peserta pkh online 2020 lewat hp

Cara Daftar Peserta PKH secara online 2020?, Buat kalian yang ingin tahu cara mudah mendapatkan bantuan sosial (BANSOS) PKH, berikut adalah informasi mengenai syarat dan ketentuannya.

Berikur Daftar Bantuan Pemerintah Terbaru, Hanya Bermodalkan KK dan KTP

Bagi kalian yang ingin daftar atau mendapatkan Bansos PKH dari Kementerian Sosial (Kemensos), berikut ini adalah syarat dan ketentuannya. Silahkan simak artikel ini sampai selesai

Tentang Program PKH

Program Keluarga Harapan atau yang sering disebut dengan PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat yang ditujukan kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Sebagai salah satu upaya untuk percepatan penanggulangan kemiskinan, sejak tahun 2007 Pemerintah Indone­sia sendiri telah melaksanakan program PKH ini.

Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal didunia internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi di negara-negara tersebut, terutama masalah kemiskinan kronis.

Sebagai sebuah program berupa bantuan sosial bersyarat, PKH membuka akses kepada keluarga miskin terutama bagi ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

klik https // cekbansos.siks.kemsos.go.id Untuk Cek Daftar Penerima Bantuan sosial BST Rp500 Ribu Per KK Non PKH

Manfaat dari PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Tampilan situs resmi PKH di https://pkh.kemsos.go.id/
Tampilan situs resmi PKH di https://pkh.kemsos.go.id/

Seperti yang diketahui, pihak Pemerintah dalam hal ini melalui Kementerian Sosial (Kemensos) mulai menyalurkan Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 yang dicairkan tiga kali lipat pada Oktober 2020.

Bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) sudah menggelontorkan anggaran Rp28,71 triliun. Bansos ini telah diperpanjang penyalurannya hingga 2021 dengan kuota 10 juta keluarga yang akan menjadi penerima manfaat (KPM).

Download Formulir BLT BPUM, Lengkapi Syaratnya Dapatkan Bantuan Rp 2,4 Juta

Kriteria atau Syarat Penerima PKH

Nah, dikutip dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos) ada beberapa syarat penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan. Apa saja itu?, berikut adalah kriteria penerima bansos PKH:
1. Kriteria Komponen Kesehatan. Kategori ini terdiri dari Ibu hamil dan anak usia 0 sampai dengan 6 tahun.

2. Kriteria Komponen Pendidikan. Kriteria ini, terdiri dari anak Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), atau sederajat, anak Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (Mts), atau sederajat, dan anak Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah, atau sederajat serta anak usia 6-21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.

3. Kriteria Komponen Kesejahteraan Sosial. Terdiri dari penduduk lanjut usia mulai 60 tahun ke atas dan penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat.

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM Online di https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum

Jumlah Dana BANSOS Yang Didapatkan

Sedangkan untuk jumlah atau besaran dana bantuan bansos PKH juga beragam, sesuai dengan kriteria penerima, selengkapnya adalah dibawah ini:

1. Kategori Ibu Hamil/Nifas, diberikan bantuan sebesar Rp. 250.000 per bulan, sedangkan kategori Anak Usia Dini 0 s.d. 6 Tahun sebesar Rp. 250.000 per bulan.

2. Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat, sebesar 75.000 dan kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat sebesar Rp. 125.000 per bulan.

3. Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat, Rp. 166.000 dan Kategori Penyandang Disabilitas berat sebesar Rp. 200.000, dan yang terakhir kategori Lanjut Usia sebesar Rp. 200.000.

Cara Cek Bantuan UMKM Online di http://pembiayaan.depkop.go.id/index.php/public/penerima

Pendaftaran Bansos PKH Bisa Secara Online?

Nah, buat kalian yang ingin daftar atau ikut PKH, Untuk mendaftar Bansos PKH hingga saat ini belum ada pendaftaran secara online. Jadi, apabila kalian ingin mendapatkan dana ini kalian bisa melapor ke aparat desa setempat untuk didata dan dilakukan verifikasi ulang supaya bisa mendapatkan bantuan segera.

Nah, selain itu untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai PKH, kalian dapat memantau atau mendapatkannya melalui link website cekbansos.siks.kemsos.go.id atau bisa juga dengan download dan install aplikasi android SIKS-Dataku di Google Play Store.

Klik bit.ly/reg_sku Daftar Formulir SKU UMKM Jember

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Cara Daftar Peserta Pkh Online 2020?, Apakah Bisa?. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

Cek Bansos di SIKS-NG Kementerian Sosial bansos.siks.kemensos.go.id