√ Cara Melakukan Rekap Secara Offline di SiRekap | BakaMitai

Cara Melakukan Rekap Secara Offline di SiRekap

CARA REKAP OFFLINE SiRekap
CARA REKAP OFFLINE SiRekap

Begini Cara Melakukan Rekap Secara Offline di SiRekap. 

Memang bukan rahasia umum lagi bahwa nantinya saat melekukan rekap online di aplikasi SiRekap, server dari KPU akan mengalami down karena traffic yang sangat tinggi, maka dari ini banyak petugas KPPS yang mengalami kendala saat mencoba login dan merekap hasil suara pemilu. Untungnya aplikasi SiRekap ini tetap dapat digunkan walaupun dalam keadaan offline. Pada saat mode offline ini petugas dapat tetap membagikan hasil rekap kepada Panwas dan Sakti. Lalu bagaimana cara agar bisa melakukan rekap offline ? Tim Bakamaitai telah menulis tatacaranya dibawah ini.

SiRekap

Sirekap disebut akan membantu baik publik maupun penyelenggara pemilu mendapatkan informasi hasil penghitungan suara dan rekapitulasinya secara lebih cepat. Selain itu, Sirekap dinilai akan membuat proses rekapitulasi Pilkada 2020 akan berjalan lebih efektif dan efisien. Arief memaparkan, Sirekap sudah dipersiapkan sejak lebih dari satu tahun lalu dan bukan muncul begitu saja jelang Pilkada 2020. “Sebetulnya ini sudah lebih dari satu tahun kita bahas dan kita rancang,” ujar Arief. Dia menjelaskan, pembuatan Sirekap didahului dengan mendengarkan pendapat berbagai ahli hukum. Menurut Arief, berdasarkan saran dan masukan yang diterima KPU, Sirekap tidak menabrak peraturan undang-undang.

Cara Rekap Offline

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk rekap secara offline di aplikasi SiRekap. Caranya cukup mudah dan praktis, berikut langkah-langkahnya :

Matikan semua data

Yang pertama dan utama adalah matikan semua data internet yang ada di HP kamu. Pastikan internet benar – benar mati dna tidak ada aktifitas data interenet.

Nyalakan mode pesawat

Untuk memastikan bahwa anda benar – benar offline, harap untuk menghidupkan mode pesawat. Dengan dihidupkanya mode ini, data dan sinyal seluler akan terputus. Sehingga nantinya anda bisa masuk SiRekap secara offline.

Lakukan login secara offline

Setelah anda berapa pada kondisi offline. silahkan masuk kedalam aplikasi SiRekap. Masukan kode akses yang sudah anda buat dan ikuti langkahnya. Jika kode akses yang anda masukan benar, maka anda akan masuk kedalam halaman utama SiRekap secara offline.

Lakukan foto pada plano 1,2, dan 3

Nah jika sudah berhasil masuk, segera lakukan foto pada plano 1, 2, dan 3. Lakukan dengan hati-hati agar hasil foto bagus dan tidak blur. Jika hasil foto ternyata masih buram dan tidak jelas, harap diulangi agar foto benar-benar berkualitas bagus. Foto yang berkualitas bagus nantinya akan memudahkan anda saat melakukan pemeriksaan.

Lalu pilih “Foto dan Kirim C.Hasil-KWK”

Selanjutnya saat foto plano sudah berhasil anda foto, simpan foto tersebut di aplikasi SiRekap dengan memilih tombol “Foto dan Kirim C.Hasil-KWK” seperti dibawah.

SiRekap Offline
SiRekap Offline

Buat zip file

Jika langkah diatas sudah selesai, selanjutnya adalah buat ZIP file. File ini nantinya berisi foto dan hasil suara yang sudah teman-teman hitung. Untuk membuatnya cukup klik “Bagikan Arsip (ZIP” seperti gambar dibawah ini.

Bagikan Arsip
Bagikan Arsip

Bagikan hasil rekap kepada saksi, panwas dan pps

Langkah terakhir yang harus anda lakukan setelah sudah selesai membuat file ZIP seperti diatas adalah membagikan file tersebut ke Panwas, Sakti, dan PPS kalian masing-masing. File dapat dibagikan melalui email, WA (Whatsapp), Telegram, Bluetooth dan media berbagi lainya.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Cara Melakukan Rekap Secara Offline di SiRekap. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.