Cara Mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan

  • Share
Cara MenCairkan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP
Cara MenCairkan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP

Berikut adalah infromasi dan panduan lengkap tentang beberapa Cara cairkan Jaminan Hari Tua atau JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online dan offline.

Klik jpe.magelangkab.go.id/bpum Daftar Bantuan UMKM Kabupaten Magelang

Cara Mudah Mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek telah menyiapkan dua cara mudah untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam melakukan pencairan atau klaim Jaminan Hari Tua (JHT) selama pandemi Covid-19.

Dua cara yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan yaitu secara online yang bisa dilakukan dari rumah, tanpa harus datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan dan secara offline dengan datang langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Kenapa Gelombang Tidak Ditemukan di Kartu Prakerja?, Inilah Solusinya

Syarat Dokumen Wajib Untuk Pencairan

Nantinya, peserta diharuskan untuk mengunggah 7 dokumen wajib untuk melakukan pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan. Apa saja itu?, inilah daftar dokumennya:

  • Scan Kartu Peserja Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan (KPJ) atau bisa juga melampirkan kartu digital yang diunduh dari aplikasi BPJSTKU.
  • Salinan KTP.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Salinan verklaring atau surat keterangan sudah berhenti bekerja dari perusahaan.
  • Salinan buku rekening yang masih aktif.
  • Foto peserta.
  • Formulir permohonan pencairan JHT BP Jamsostek yang sudah diisi dan ditandatangani.

Klik bit.ly/pendaftaranprogrambantuanusahamikro Pendaftaran BLT UMKM Depok

Proses Pencairan Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

Adapun proses dalam mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dalam tiga tahapan sebagai berikut:

1. Mengambil Nomor Antrean Secara Online

Pengambilan nomor antrean semuanya dilakukan lewat online (baik bagi peserta yang akan mencairkan secara online maupun offline). Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menghindari kerumunan anteran yang dapat menimbulkan penularan virus corona covid-19.

Nah, untuk mendapatkan nomor antrean secara online dapat dilakukan melalui laman  , https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/ atau lewat aplikasi BPJSTKU yang dapat didownload dari Google Play Store.

2. Pencairan Secara Online

Untuk melakukan pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online, setelah mendapatkan nomor antrean peserta melakukan pengiriman berkas dokumen yang harus diunggah seperti yang sudah diinformasikan diatas ke alamat email yang ditentukan untuk diverifikasi petugas.

Hasil verifikasi nantinya akan diberitahukan baik melalui Whastaap, email, SMS atau telepon dan kemudian peserta akan menerima uang JHT nya yang dikirimkan lewat nomor rekening sesuai tanggal yang diberitahukan petugas.

3. Pencairan Secara Offline

Perlu diketahui, pencairan secara offline diperuntukkan bagi peserta yang gagal mengirim dokumen melalui email sehingga mengharuskan mereka untuk datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa dokumen yang diperlukan.

Kedatangan peserta ke kantor BPJS disesuaikan dengan tanggal dan jam yang diperoleh dari layanan antrean online di antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau aplikasi BPJSTKU.

Sebelum memasuki kantor, akan dilakukan pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan peserta yang dipersilahkan masuk adalah peserta yang suhu tubuhnya di bawah 37,5 derajat celcius.

Setelah proses verifikasi selesai dan berkas dinyatakan lengkap, peserta lalu akan diminta memasukan seluruh berkas ke dalam amplop dan memasukan ke dalam drop box yang disediakan untuk kemudian menunggu informasi lanjutan.

Pemberitahuan dilakukan sama seperti metode online yaitu melalui Whastaap, email, SMS, atau telepon mengenai status klaim yang diajukan dan status pencairan uang JHT nya ke rekening yang sudah ditentukan sesuai tanggal yang diberitahukan petugas.

Klik bit.ly/pendataan umkm bantul, Pendaftaran BLT UMKM Kab. Bantul

Informasi Tambahan

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Lapak Asik:

Layanan ini merupakan media pengajuan klaim Jaminan Hari Tua. Untuk kategori klaim dengan sebab:

  1. Peserta mencapai usia pensiun 56 (lima puluh enam) tahun.
  2. Peserta mengundurkan diri.
  3. Peserta mengalami pemutusan hubungan kerja.

Demi kelancaran proses klaim bapak/ibu dapat menyiapkan dokumen sebagai berikut:

  1. Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  2. KTP.
  3. Kartu Keluarga.
  4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja / Surat Keterangan Habis Kontrak.
  5. Buku Rekening pada halaman yang tertera Nomor Rekening dan masih aktif.
  6. Foto Diri terbaru (tampak depan).
  7. Formulir Pengajuan JHT.
  8. NPWP (untuk klaim manfaat JHT dengan akumulasi saldo diatas Rp. 50.000.000,-)

Pastikan seluruh dokumen di atas sudah lengkap untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Referensi: https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-70908048/2-cara-mudah-cairkan-jaminan-hari-tua-jht-bpjs-ketenagakerjaan-saat-pandemi-covid-19-bisa-lewat-hp

Buka e-form bri umkm.co.id/bpum Cek BANPRES UMKM Online

Akhir Kata

Demikian informasi dan panduan mengenai Cara Mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian yang membutuhkannya. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *