√ Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Beserta Syarat Pencairan JHT Login lapakasik bpjsketenagakerjaan.go.id | BakaMitai

Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Beserta Syarat Pencairan JHT Login lapakasik bpjsketenagakerjaan.go.id

BPJSTKU Aplikasi Resmi Layanan Digital BPJS Ketenagakerjaan
BPJSTKU Aplikasi Resmi Layanan Digital BPJS Ketenagakerjaan

Silahkan akses artikel ini untuk mengetahui Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan & Apa saja syarat Pencairan JHT dengan klik Login link lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Program Jaminan Hari Tua ( JHT )

Setiap pekerja wajib terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Nah, salah satu manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagkerjaan adalah Program Jaminan Hari Tua.

Bagi pekerja penerima upah, besar iuran adalah 5,7% dari upah, dengan ketentuan sebanyak 2% dibayarkan oleh pekerja sementara 3,7% dibayarkan pemberi kerja. Upah yang dijadikan dasar adalah upah sebulan, terdiri atas upah pokok dan tunjangan tetap yang dibayarkan oleh perusahaan.

BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 3 Belum Diterima?, Inilah Solusinya

Selain itu, saldo JHT bisa diambil 10%, 30%, hingga 100% tanpa harus menunggu usia kepesertaan 10 tahun atau peserta minimal berumur 56 tahun.

Peserta yang masih aktif bekerja di perusahaan atau sedang mempersiapkan masa pensiun dapat mengajukan klaim saldo JHT 10% atau 30%. Sementara, peserta yang sudah tidak bekerja karena beberapa kondisi dapat mengajukan pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan miliknya sebesar 100%.

Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2015, yang mulai berlaku sejak 1 September 2015 lalu.

Klik www.kemnaker.go.id Untuk Cara Cek Pencairan BLT BPJS Gelombang 2

Layanan Informasi dan Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

BPJSTKU, adalah layanan untuk peserta khusus tenaga kerja untuk- mendapatkan informasi Saldo JHT dan Rincian Saldo JHT tahunan. Tersedia juga informasi Profil perserta, simulasi Saldo JHT dan Formulir pengajuan Klaim online. *Silahkan Hubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan 175 Jika Anda lupa email atau kata sandi

Lalu, bagaimana cara mengecek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan ?, Berikut adalah ulasannya.

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Dikutip dari laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, cara cek saldo bisa dilakukan dengan beberapa metode. Di antaranya adalah:

1. Lewat SMS ke 2757

Cara cek saldo JHT BPJAMSOSTEK via SMS bisa dilakukan dengan mengirim pesan ke nomor 2757.

Namun sebelumnya, peserta BPJAMSOSTEK harus mendaftarkan nomor HP terlebih dahulu melalui SMS dengan mengetik: Daftar (spasi) SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL (bila ada). Kemudian kirim ke nomor 2757.

Setelah berhasil terdaftar, peserta bisa cek jumlah saldo JHT BPJS dengan mengirim pesan format SALDO (spasi) no peserta, lalu kirim ke 2757.

Cara Mencairkan Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan

2. Lewat Aplikasi BPJSTKU Mobile

Cara cek saldo BPJS Ketenegakerjaan juga bisa dilakukan melalui Apk BPJSTKU Mobile di Android, iOS, maupun BlackBerry. Setelah mendownload dan menginstal aplikasi BPJSTKU di Hp atau Smartphone, peserta harus melakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dulu untuk mendapatkan PIN.

Syarat registrasi di aplikasi BPJSTKU Mobile antara lain adalah Nomor KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK e-KTP, Tanggal Lahir, dan Nama. Setelah terdaftar dan silahkan langsung login, dan peserta dapat mengetahui saldo BPJAMSOSTEK disana. Caranya dengan klik menu “Lihat Saldo” di aplikasi BPJSTKU.

3. Melalui Website http sso bpjsketenagakerjaan go id

Tampilan situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Tampilan situs https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Login http //cek bansos.siks.kemsos.go id Untuk Cek Penerima BST Rp 300 Ribu

Cara cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan melalui alamat website resmi dengan link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Selengkapnya ada dibawah:

1. Pertama kunjungi https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

2. Kemudian, masukkan alamat email di kolom user.

3. Masukkan juga kata sandi.

4. Setelah berhasil masuk, pilih menu Layanan.

5. Pada menu Layanan, pilih Cek Saldo JHT.

6. Masukkan PIN yang dikirim melalui Email dan SMS.

7. Saldo JHT kalian akan ditampilkan.

Sementara itu, apabila belum terdaftar di laman tersebut, peserta bisa melakukan registrasi atau pendaftaran akun dengan cara:

1. Masuk ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

2. Pilih menu Registrasi.

3. Isi formulir yang diperlukan sesuai dengan data. Di antaranya adalah Nomor KPJ Aktif, Nama, Tanggal lahir, Nomor e-KTP, Nama ibu kandung, Nomor ponsel dan email.

Apabila berhasil, kalian akan mendapatkan PIN. PIN tersebut akan dikirim melalui alamat email dan SMS dari nomor ponsel yang telah didaftarkan sebelumnya. Gunakan PIN tersebut untuk menyelesaikan pendaftaran akun.

Daftar Resmi Lembaga Pengusul yang Wajib Didatangi Saat Mendaftar BLT Banpres UMKM

4. Datang Ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Metode cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang paling tradisional adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Peserta BPJS Ketenagakerjaan tentunya juga harus membawa persyaratan untuk mengecek saldo JHT di Kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan Lapak Asik

Screenshot Tampilan https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/
Screenshot Tampilan https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Layanan Lapak Asik merupakan media pengajuan klaim Jaminan Hari Tua. Untuk kategori klaim dengan sebab sebagai berikut:

  • Peserta mencapai usia pensiun 56 (lima puluh enam) tahun.
  • Peserta mengundurkan diri.
  • Peserta mengalami pemutusan hubungan kerja.

Demi kelancaran proses klaim peserta dapat menyiapkan dokumen sebagai berikut:

  1. Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan
  2. KTP
  3. Kartu Keluarga
  4. Surat Keterangan Berhenti Bekerja / Surat Keterangan Habis Kontrak
  5. Buku Rekening pada halaman yang tertera Nomor Rekening dan masih aktif
  6. Foto Diri terbaru (tampak depan)
  7. Formulir Pengajuan JHT
  8. NPWP (untuk klaim manfaat JHT dengan akumulasi saldo diatas Rp. 50.000.000,-)

Link Lengkap Pendaftaran Bantuan UMKM

Cara Mudah Cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ( BPJS Ketenagakerjaan ) menyediakan layanan online untuk pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT). Pendaftaran pencairan JHT hingga verifikasi dokumen seluruhnya dilakukan via daring.

Deputi Direktur Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BP Jamsostek, Irvansyah Utoh Banja, pihaknya menyiapkan skema pencairan dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Untuk mencairkan 100 persen dana JHT BPJS Ketenagakerjaan, syarat utamanya adalah pegawai yang bersangkutan sudah tidak bekerja lagi di perusahaan, baik karena diberhentikan atau resign atas keputusan sendiri.

“Pengajuan klaim dana JHT baru bisa diajukan dalam waktu 1 bulan sejak karyawan keluar atau berhenti dari perusahaan,” jelas Utoh kepada Kompas.com, Sabtu (4/7/2020).

Klik https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ Untuk Cek Penerima BLT Guru Honorer

Pencairan JHT di lapakasik https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Pengajuan klaim JHT dapat dilakukan melalui Layanan Tanpa Kontak Fisik ( Lapak Asik ) secara online, jadiseluruh proses tidak memerlukan kehadiran peserta di kantor cabang BP Jamsostek

Pendafataran Lapak Asik bisa dilakukan di situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id. Peserta cukup mengunggah atau upload dokumen dan dikirimkan melalui email yang tertera pada email konfirmasi. Lalu nantinya peserta akan dihubungi melalui panggilan video ( Video Call ) untuk verifikasi dokumen yang disyaratkan.

Setelah proses verifikasi selesai, peserta tinggal menunggu dana masuk ke rekening setelah seluruh tahapan proses klaim selesai.

Peserta juga bisa melacak proses pengajuan klaim JHT melalui menu Tracking di BPJSTKU, untuk mengetahui secara pasti proses klaim yang sudah diserahkan.

Lengkapnya, berikut adalah tahapan pencairan HJT lewat Lapak Asik:

1. Registrasi melalui situs antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id Pilih tanggal, waktu pengajuan, dan kantor cabang yang terdekat.

2. Scan atau pindai semua dokumen yang dipersyaratkan, termasuk formulir PENGAJUAN PEMBAYARAN JAMINAN HARI TUA PDF (Download di Sini) yang sudah terisi lengkap lalu kirimkan dokumen tersebut melalui alamat email kantor cabang tujuan yang dipilih.

3. Kirimkan dokumen yang sudah discan melalui email ke kantor cabang tujuan yang dipilih paling lambat H-1 sebelum tanggal pengajuan.

4. Setelah email diterima, informasi akan diberikan melalui pesan singkat (teks) mengenai waktu serta identitas petugas BP Jamsostek yang nantinya akan menghubungi peserta melalui panggilan video (video call).

5. Siapkan seluruh dokumen asli yang harus ditunjukkan saat dihubungi melalui panggilan video.

6. Jika dokumen dinyatakan lengkap dan telah lolos verifikasi petugas, klaim JHT akan ditransfer ke rekening bank milik peserta.

Download Formulir BLT BPUM, Lengkapi Syaratnya Dapatkan Bantuan Rp 2,4 Juta

Pencairan Lewat Lapak Asik Kolektif

Metode lainnya adalah melalui Lapak Asik Kolektif, yaitu program kerja sama antara BP Jamsostek dengan perusahaan peserta.

Sebelum mengajukan secara kolektif, peserta dapat mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada HRD perusahaan apakah telah bekerja sama untuk melakukan klaim JHT kolektif.

Jika telah bekerjasama, peserta dapat menghubungi HRD perusahaan untuk melakukan pengajuan klaim JHT secara kolektif bersama peserta lainnya dalam perusahaan yang sama.

Seluruh copy dokumen yang menjadi persyaratan wajib diserahkan kepada HRD untuk kemudian disampaikan kepada BP Jamsostek melalui Account Representative.

Peserta tinggal menunggu proses klaim selesai dilakukan dan dana JHT ditransfer ke rekening bank peserta.

Namun, jika pihak perusahaan tidak bekerja sama dalam melakukan klaim JHT kolektif, maka opsi ke tiga dapat ditempuh oleh peserta.

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM Online di https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum

Akhir Kata

Demikian infromasi mengenai Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Beserta Syarat Pencairan JHT Login lapakasik bpjsketenagakerjaan.go.id. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

Referensi: https://pontianak.tribunnews.com/2020/11/26/cara-cek-saldo-bpjs-ketenagakerjaan-syarat-pencairan-jht-login-lapakasikbpjsketenagakerjaangoid?page=all

close