√ Cara Mudah Urus SKCK Untuk Daftar CPNS 2021 | BakaMitai

Cara Mudah Urus SKCK Untuk Daftar CPNS 2021

Cara Mudah Urus SKCK Untuk Daftar CPNS 2021
Cara Mudah Urus SKCK Untuk Daftar CPNS 2021

Berikut adalah Cara Mudah Urus SKCK Untuk Daftar CPNS 2021. 

Taukah kamu bahawa ada langkah mudah mengurus SKCK untuk mendaftar seleksi CPNS 2021, bahkan hanya dalam satu  hari bisa langsung jadi, asalkan kamu perhatikan syarat dan ketentuan dibawah ini dengan seksama.

Proses pembuatan SKCK untuk tujuan mendaftar mendaftar CPNS 2021 sekarang sudah sangatlah mudah dan cepat. Bahkan jika kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuannya, SKCK CPNS 2021 bisa saja beres dalam sehari.

SKCK memang memiliki tujuan utama untuk mendaftar pekerjaan, tetapi khusus untuk pendaftaran CPNS, SKCK yang digunakan berbeda dari biasanya.  Perbedaaan paling mencolok dari SKCK untuk melamar pekerjaan swasta antara melamar sebagai CPNS adalah sektor kepolisian yang menerbitkan surat tersebut.

SKCK untuk melamar pekerjaan swasta diterbitkan oleh Polsek (Kepolisian Sektor), sedangkan untuk SKCK yang digunakan untuk mendaftar seleksi CPNS harus diproses di Polres (Kepolisian Resort). Untuk persamaan, semua SKCK masa berlakunya adalah enam (6) bulan. Jika dibutuhkan, bisa diperpanjang.

Maka dari itu,  bila kamu memutuskan ingin mendaftar seleksi CPNS 2021 dengan membuat SKCK langsung ke kantor Polres (offline), inilah cara dan panduannya dikutip dari skck.polri.go.id

Syarat Wajib

Syarat Wajib Membuat SKCK  CPNS bagi Warga Negara Indonesia (WNI):

  • Fotokopi KTP   (Kartu Tanda Penduduk)  atau Surat Izin Mengemudi (SIM). Bawa KTP/SIM asli sebagai bukti.
  • Fotokopi KK  (Kartu Keluarga) .• Fotokopi Akta Kelahiran / Surat Kenal Lahir / Ijazah Terakhir.
  • Fotokopi Paspor (opsional, tidak ada tidak apa-apa).
  • Pas foto 4×6 berlatar/background merah sebanyak 6 lembar. Berpakaian sopan, tampak muka dan bagi yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh.

Jika semua persyaratan sudah lengkap, langsung saja ke Polres di kota masing-masing:.

Proses Pendaftaran

Untuk proses pendaftaran dan registrasi pembuatan SKCK adalah sebagai berikut :

  1. Menuju loket bagian SKCK untuk memasukkan berkas yang telah disiapkan. Lalu kamu akan diminta untuk mengisi formulir. Pastikan keperluannya adalah mendaftar CPNS.
  2. Pihak Polsek akan meminta kelengkapan syarat-syarat seperti yang telah dijelaskan di atas sebagai kelengkapan.
  3. Agar memudahkan dan cepat, pastikan semua persyaratan sudah siap dan membawa dokumen asli buat jaga-jaga untuk ditanyakan.
  4. Sidik jari. bagi kamu yang mengurus SKCK baru dan belum punya rumus sidik jari, kamu merekam sidik jari di Polres, tepatnya bagian rekam rumus sidik jari.
  5. Bergantung kebijakan Polres di masing-masing wilayah, ada yang berbayar ada pula yang gratis. Jadi sebaiknya ditanyakan dahulu.
  6. Setelah proses perekaman sidik jari selesai, saatnya untuk mengumpulkan semua berkas yang telah disiapkan dan membayar uang penerbitan SKCK di loket. Tunggu antrean dan SKCK akan segera terbit.

Sedangkan untuk estimasi biaya yang harus kamu bayarkan dalah Rp 30.000, bisa berbeda tergantung wilayah kalian masing-masing.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Cara Mudah Urus SKCK Untuk Daftar CPNS 2021. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

 

Sumber : https://jurnalgarut.pikiran-rakyat.com/