Cek Bansos di SIKS-NG Kementerian Sosial bansos.siks.kemensos.go.id

  • Bagikan
Cara Cek Bansos di SIKS-NG Kementerian Sosial
Cara Cek Bansos di SIKS-NG Kementerian Sosial

Ditjen PFM Kementerian Sosial memberikan bantuan sebesar Rp. 500.000 kepada KPM Program Sembako Non PKH. Program ini sebagai langkah cepat pemerintah untuk menangkal dampak pandemi COVID-19 di tengah masyarakat. Sebenarnya, bantuan sosial ini sudah mulai dicairkan sejak bulan September dan Oktober lalu. Ada sebanyak 9 juta orang yang menerima penyaluran bansos Rp 500 ribu.

Solusi Nama Tidak Ada di eform.bri.co.id dengan Daftar BPUM UMKM

“Sebanyak 9 juta KPM dari Program Sembako non PKH mendapatkan tambahan bantuan 500ribu rupiah dengan total anggaran senilai 4,5 triliun,” kata Dirjen PFM, Asep Sasa Purnama, dari rilis berita www.kemsos.go.id.

Nah, Bagi kalian yang membutuhkan informasi untuk mengetahui apakah diri kalian terdaftar sebagai penerima atau tidak, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan caranya.

Baca JugaCek Bantuan UMKM Online di http://pembiayaan.depkop.go.id/index.php/public/penerima

Cek ke Link bansos.siks.kemensos.go.id

Berikut adalah panduan untuk mengecek penerima bansos 500 ribu di website resmi SIKS-NG (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation) Bansos Kementerian Sosial.

  1. Pertama, siapkan HP atau Laptop yang sudah terhubung ke Internet.
  2. Selanjutnya, akses atau kunjungi laman data penerima bansos melalui link ini, https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/.
  3. Kemudian, kalian akan diarahkan ke halaman SIKN-NK Bansos Kemensos.
  4. Silahkan pilih jenis ID yang ingin digunakan. Kalian bisa memilih KTP dengan NIK, ID DTKS/BDT atau Nomor PBI JK/KIS.
  5. Masukkan 17 digit nomor NIK yang sesuai dengan KTP. Bisa juga memasukkan 16 digit nomor ID DTKS/BDT beserta nama ART. Atau bisa juga memasukkan 13 digit nomor PBI JK/KIS dan nama peserta.
  6. Setelah itu lakukan verifikasi, caranya dengan mengetikkan dua kata yang muncul di box captcha.
  7. Terakhir, tekan tombol Cari untuk melakukan pencarian.

Kemudian, sistem akan mencocokan ID beserta nama yang kalian input tadi dan lalu membandingkannya dengan nama yang ada dalam database. Jika kalian terdaftar sebagai penerima bansos, maka nama kalian akan muncul pada hasil pencarian. Namun, apabila nama kalian tidak muncul, kemungkinan kalian belum memenuhi syarat untuk menjadi penerima.

Perlu diketahui, penerima bansos Rp. 500,000 yaitu masyarakat yang terdaftar sebagai peserta program sembako (BPNT) dan tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH). Bansos ini hanya diberikan satu kali saja dan dapat sudah dapat dicairkan mulai bulan September dan Oktober 2020 di ATM atau Kantor Cabang Bank Himbara menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) meliputi Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN.

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang Cara Mengecek dan Mengetahui Data Penerima Bantuan Rp 500 ribu melalui link bansos.siks.kemensos.go.id SIKS-NG Bansos Kementerian Sosial. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close