Inilah Ciri-ciri SK CPNS 2019 Palsu Yang Beredar, Awas Hati-Hati!

Ciri Ciri SK CPNS 2019 Palsu
Ciri Ciri SK CPNS 2019 Palsu

Karena lagi ramai beredar, lewat artikel kali ini akan saya sampaikan mengenai ciri – ciri atau tanda SK CPNS 2019 Palsu. Waspadalah, Jangan Tertipu!

Harap Berhati-hati, karena Surat Keputusan (SK) pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) palsu beredar dimana-mana, berikut adalah ciri-cirinya.

Inilah Bocoran Soal Seleksi PPPK 2021 Materi Kemampuan Sosiokultural

Beredar SK CPNS 2019 Palsu

Penerbitan NIP untuk peserta CPNS 2019 tinggal sebentar lagi, yakni pada awal bulan Desember 2020. Namun, ternyata ada oknum yang mencoba membuat SK CPNS 2019 palsu untuk keuntungan pribadi.

Menanggapi hal diatas, Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah melayangkan klarifikasi melalui pemberitaan resmi di website dan media sosial BKN. Dikarenakan SK CPNS itu memang sekilas terlihat serupa tapi tak sama, yakni ada beberapa dokumen pengusulan CPNS melalui kebijakan khusus yang mengatasnamakan instansi pemerintah.

BKN sendiri merupakan salah satu instansi yang sering digunakan dalam tindakan pemalsuan dokumen maupun penyebaran informasi palsu dan pemalsuan dokumen rekrutmen ASN, khususnya pada CPNS.

Daftar CPNS 2021, Berikut Syarat Umum dan Dokumen yang Harus Disiapkan

Ciri SK CPNS 2019 Palsu

Menanggapi hal tersebut, maka BKN pun akhirnya membagikan ciri umum yang perlu diketahui publik terkait surat palsu tersebut. Selengkapnya adalah dibawah ini:

1) SK CPNS diterbitkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) instansi masing-masing, bukan atas nama Kepala BKN.

Dalam hal ini BKN hanya mengeluarkan Pertimbangan Teknis (Pertek) yang bertanda tangan digital (digital signature), kecuali untuk SK CPNS di lingkungan BKN.

Perlu diketahui penyampaian dokumen Pertek hanya dilakukan antara Panitia Seleksi CPNS Nasional (Panselnas) kepada Panitia Seleksi Instansi termasuk Pemerintah Daerah, jadi peserta tidak menerima berkas Pertek.

2) Perihal dokumen pengangkatan CPNS atas nama instansi lain tapi ditandatangani oleh Sekretaris Utama (Sestama) BKN, jelas berkas tersebut merupakan berkas palsu.

Sestama BKN hanya memiliki wewenang sebagai Panitia Seleksi CPNS di lingkungan BKN.

Cara Paling Efisien Untuk Menjawab Soal Tes SKD CPNS Dengan Cepat dan Tepat

3) Tindakan penipuan dilakukan tidak hanya dalam bentuk menerbitkan surat atau dokumen palsu, beberapa laporan yang diterima Humas BKN.

Contoh lain seperti memalsukan identitas diri mengaku sebagai pejabat di salah satu instansi juga menjadi modus baru oknum pelaku penipuan. BKN kembali mengingatkan bahwa segala proses rekrutmen ASN, baik CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tidak berbayar alias gratis.

Jadi, apabila ada oknum yang mencoba menjanjikan pengangkatan menjadi ASN dengan mensyaratkan sejumlah uang, sudah dipastikan tindakan itu adalah penipuan.

Terbitnya Peraturan PAN-RB tentang kebutuhan nasional ASN pada Maret 2019 lalu dilakukan sesuai amanah Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dalam hal penyampaian kebutuhan ASN secara nasional di awal tahun anggaran.

Diingatkan kembali kepada publik bahwa informasi penerimaan ASN baik CPNS maupun PPPK hanya dikeluarkan secara resmi oleh laman instansi pemerintah dengan domain go.id dan media sosial resmi instansi.

BKN juga meminta agar masyarakat waspada terhadap oknum yang mengatasnamakan pejabat di instansi tertentu yang mensyaratkan sejumlah uang untuk pengangkatan CPNS. Rekrutmen secara resmi hanya dilakukan oleh pemerintah yang dalam hal ini melalui Panselnas.

Persyaratan dan Cara Daftar CPNS 2021 Lengkap

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Awas Hati-Hati, SK CPNS 2019 Palsu Beredar Dimana-mana, Perhatikan Ciri-cirinya!. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam membedakan mana SK CPNS 2019 yang asli dengan yang palsu. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

Referensi: https://jurnalgarut.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-331035145/awas-hati-hati-sk-cpns-2019-palsu-beredar-dimana-mana-perhatikan-ciri-cirinya

Kapan NIP CPNS 2019 Keluar ?, Inilah Alur Penentuannya

close button