√ Inilah Doa Tahun Baru 2021 Lengkap Bacaan Arab dan Latin Beserta Artinya | BakaMitai

Inilah Doa Tahun Baru 2021 Lengkap Bacaan Arab dan Latin Beserta Artinya

Do'a Awal Tahun 2020 Lengkap Bacaan Arab dan Latin beserta Artinya
Do'a Awal Tahun 2020 Lengkap Bacaan Arab dan Latin beserta Artinya

Kamu sedang mencari do’a akhir tahun dan awal tahun beserta artinya ?. Kamu datang ke tempat yang tepat, lewat artikel kali ini akan saya bagikan Bacaan Doa Akhir Tahun 2020 dan Awal Tahun 2021, Lengkap dengan Arab, Latin dan Terjemahan.

Tahun Baru 2021

Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 cukup membuat semua orang merasa sedih di tahun 2020. Bagaimanapun keadaannya, kita tidak bisa menyalahkan siapapun. Hal ini sudah di kehendaki oleh Allah SWT yang membuat kita tersadar hingga membuat kita berserah diri.

Menjelang akhir tahun tentunya penuh harapan untuk tahun yang akan datang. Namun tidak lupa bersyukur bahwa tahun sebelumnya banyak memberi pelajaran bagi kita semua. Untuk menyambut awal tahun 2021, ada baiknya untuk membaca doa awal tahun.

Adapun berikut ini adalah doa awal tahun yang dibaca dengan harapan Allah menganugerahkan rahmat, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rezeki, jodoh, karier, wafat husnul khatimah, dan berbagai kebaikan lainnya.

Doa Akhir Tahun 2020 dan Awal Tahun 2021 Beserta Artinya

Dikutip dari buku Terjemah Majmu Syarif karya NH Rifai, berikut adalah bacaan doa akhir tahun dan awal tahun yang bisa kamu baca:

1. Doa Akhir Tahun

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Latin :

“Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik.

Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.”

Artinya :

Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu.

Sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu.

Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu.

Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

2. Doa Awal Tahun

Usai memanjatkan doa akhir tahun, ada juga baiknya untuk membacakan doa di awal tahun.

Berikut doanya :

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ
اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Latin:

“Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.”

Artinya :

Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.

Ya Allah, Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba.

Kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan,

Serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya.

Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih.

Adab Dalam Berdoa

Dikutip dari ebook Kumpulan Doa Sehari-hari terbitan Kemenag tahun 2013, terdapat adab atau aturan dalam berdoa. Dengan memperhatikan adab dalam berdoa, diharapkan doa bakal dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut ini adab dalam berdoa:

1. Menghadap kiblat

Hal ini berdasarkan sebuah hadis, “Rasulullah datang ketempat wuquf diArafah dan ia menghadap kiblat lalu terus menerus berdo’a sehingga tenggelam matahari.”

2. Membaca hamdalah atau pujian, Istighfar dan Shalawat

Salah seorang Sahabat Nabi berkata, “Ketika Nabi Muhammad saw duduk di mesjid, tiba-tiba datang seorang laki-laki masuk, lalu ia shalat. Setelah selesai ia membaca doa,’Allahummaghfirlii warhamnii’. Maka waktu itu Rasulullah pun berkata, wahai kawan, engkau terburu-buru. Jika Engkau shalat, duduklah dahulu kemudian bacalah puji pujian kepada Allah. Karena dia yang memiliki pujian itu, lalu Engkau baca shalawat kepadaku kemudian baru berdo’a .Kemudian datang seorang yang lain setelah shalat ia memuji Allah dan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad saw. dan setelah itu Nabi bersabda, Berdo’alah akan dipenuhi.”

3. Dengan suara lembut dan rasa takut.

Firman Allah SWT yang berbunyi, “Berserulah (Berdo’a) kepada Tuhanmu dengan merendahkan diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orangorang yang melampaui batas. Dan janganlah engkau berbuat kerusakan dibumi sesudah (Allah SWT ) memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak diterima) dan harap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Al A’raf : 55-56)

4. Yakin akan dipenuhi

Didalam berdoa kita harus yakin dan berprasangka baik kepada Allah, seperti hadis berikut ini, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, Aku akan mengikuti prasangka hamba-Ku kepada-Ku. Dan Aku selalu menyertainya apa bila ia berdoa kepadaKu”.

Akhir Kata

Demikianlah artikel berjudul Inilah Doa Tahun Baru 2021 Lengkap Bacaan Arab dan Latin Beserta Artinya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian yang sedang mencari bacaan doa akhir tahun dan awal tahun beserta artinya. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

Referensi: https://www.pikiran-rakyat.com/khazanah-islam/pr-011163453/doa-tahun-baru-2021-lengkap-bacaan-arab-latin-beserta-artinya , https://www.tribunnews.com/nasional/2020/12/31/bacaan-doa-akhir-tahun-2020-dan-awal-tahun-2021-lengkap-dengan-arab-latin-dan-terjemahan