Klik apb.kemdikbud.go.id Untuk Cek Daftar Penerima Bantuan APB Tahap 2

  • Bagikan
Cara Cek Penerima Bantuan APB di https Cara Cek Penerima Bantuan APB di https://apb.kemdikbud.go.id/
Cara Cek Penerima Bantuan APB di https Cara Cek Penerima Bantuan APB di https://apb.kemdikbud.go.id/

Kunjungi apb.kemdikbud.go.id untuk mengecek data penerima Bantuan APB Tahap 2, Rp 1 Juta per Orang.

Daftar BLT Banpres UMKM BPUM BRI, Cek NIK KTP di eform.bri.co.id/bpum

Bantuan Apresiasi Pelaku Budaya Kemendikbud

Silahkan cek nama kalian apakah termasuk dalam kategori penerima bantuan Apresiasi Pelaku Budaya atau APB pada Tahap 2 yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atau tidak.

Pengecekan nama dapat dilakukan dengan menggunakan nomor identitas kependudukan (NIK) atau dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bantuan ini sendiri adalah sebagai respons terhadap krisis yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19. Dan pada bulan November 2020 ini, APB telah memasuki tahap 2.

Cara Daftar BLT UMKM Mudah, Berikut Syarat dan Tatacara Pendaftaranya

Apa itu APB ?

APB sendiri merupakan program layanan perlindungan dan pembinaan bagi pelaku budaya yang aktivitasnya terdampak oleh pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Program ini diharapkan mampu mendorong para pelaku budaya untuk menghasilkan dan memublikasikan hasil karya mereka melalui wahana virtual.

Sebagai informasi, APB dijalankan secara daring lewat laman resmi di link https://apb.kemdikbud.go.id. Nah, adapun mekanisme seleksi terhadap penerima APB yaitu mempertimbangkan aspek besarnya dampak, perlunya intervensi, dan konsistensi kiprah di bidang kebudayaan.

Melalui program APB, Kemendikbud akan menyalurkan bantuan kepada 59.000 pelaku budaya terdampak pandemi Covid-19 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Login dtks.kemensos.go.id daftar Untuk Cek Penerima Bansos BST Kemensos

Layanan Pelindungan Pelaku Budaya Terdampak COVID-19

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, Kemendikbud melakukan pendataan APB dalam dua tahapan. Bantuan tahap pertama telah disalurkan kepada 10.107 pelaku budaya.

Sementara, APB tahap kedua masih dalam tahap verifikasi dokumen.

“Kami berharap, bantuan ini bisa membuat kreativitas mereka tetap menggeliat di masa pandemi ini,” ujar Hilmar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (9/11/2020).

Meskipun demikian, lanjut Hilmar, masih terdapat sebanyak 232 penerima APB tahap pertama yang penyalurannya perlu perbaikan data.

“Memang ada sejumlah hambatan dalam proses pencairan APB tahap pertama. Oleh karena itu, saya meminta maaf dan berterima kasih kepada para pelaku budaya yang bersabar dalam proses pencairan bantuan,” kata Hilmar.

Salah satu penerima APB asal Depok, Siti Rukoyah, mengatakan bahwa bantuan ini sangat bermanfaat baginya untuk tetap berkarya meski frekuensi perhelatan budaya menurun saat pandemi corona ini.

“Terima kasih kepada Direktorat Jenderal Kebudayaan atas program APB. Bantuan ini cukup membantu saya sebagai pelaku seni untuk tetap berkarya di masa pandemi Covid-19. Semoga program ini menjadi keberkahan untuk kita semua, terutama untuk para seniman,” imbuh Rukoyah.

Penerimaan Pendanaan UMKM Masih Dibuka, Berikut Cara Dan Syarat Mendapatkan BLT Rp 2,4 Juta

Prioritas dan Kriteria Penerima Bantuan APB

Layanan Pelindungan Pelaku Budaya Terdampak Pandemi COVID-19 diberikan kepada pelaku budaya yang terbagi atas dua prioritas yaitu:

– Prioritas I, meliputi para pelaku budaya yang termasuk dalam pengelompokkan kriteria:

  • Pelaku budaya yang bersangkutan tidak punya mata pencaharian lain selain kegiatan bidang kebudayaan yang berhenti total akibat wabah atau berkurang secara signifikan akibat wabah.
  • Pelaku budaya yang memiliki penghasilan perbulan sebesar-besarnya lima juta rupiah sebelum wabah berlangsung.
  • Pelaku budaya yang sudah berkeluarga, dan memiliki penghasilan perbulan antara lima sampai sepuluh juta rupiah sebelum wabah berlangsung.

– Prioritas II, meliputi para pelaku budaya yang termasuk dalam pengelompokkan kriteria:

  • Pelaku budaya yang belum atau tidak berkeluarga, serta memiliki penghasilan perbulan antara lima sampai sepuluh juta rupiah sebelum wabah berlangsung.
  • Pelaku budaya yang memiliki penghasilan perbulan di atas sepuluh juta rupiah sebelum wabah berlangsung.

Cara Daftar BLT Dana Desa Online ?, Inilah Syaratnya Agar Dapat Rp 600 Ribu

Larangan

Pemberian Layanan Pelindungan Pelaku Budaya Dalam Masa Pandemi COVID-19 DILARANG untuk:

– Diberikan sebagai sumbangan, hadiah, uang terima kasih, uang balas jasa, uang komisi, atau yang sejenis kepada pihak manapun, baik ditingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, maupun masyarakat.

– Diberikan kepada pelaku budaya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (POLRI), Karyawan BUMN, Karyawan BUMD, Dosen dan Dokter.

– Dipindahbukukan ke rekening atas nama orang lain.

– Dipinjamkan kepada pihak/orang lain/kegiatan pihak lain.

Cara Daftar Peserta PKH Online 2020?, Inilah Syarat dan Ketentuannya

Cara Cek Calon Penerima APB Tahap 2

https://apb.kemdikbud.go.id/fase2/calon-penerima
https://apb.kemdikbud.go.id/fase2/calon-penerima

Dikarenakan untuk saat ini ada sekitar 49 ribu calon penerima bantuan APB pada tahap 2 ini, maka untuk melakukan pecarian nama calon dapat dilakukan dengan cara memasukkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Selengakapnya, silahkan baca panduan dibawah ini.

1. Pertama, siapkan Hp atau Laptop yang terkoneksi dengan internet yang lancar.

2. Kemudian kunjungi website resmi untuk cek nama calon penerima bantuan Apresiasi Pelaku Budaya di link https://apb.kemdikbud.go.id/fase2/calon-penerima.

3. Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) kalian ke kolom yang telah disediakan.

4. Kemudian tekan tombol Cari untuk mengetahui hasilnya.

Nah, apabila NIK kalian terdaftar sebagai calon penerima bantuan APB, silahkan lengkapi data yang diperlukan.

Berikut Daftar Bantuan Pemerintah Terbaru, Hanya Bermodalkan KK dan KTP

Syarat Untuk Proses Pencairan Dana

Nah, supaya proses pencairan dana APB bisa segera dilakukan, Pemerintah dalam hal ini Kemendikbud meminta agar para calon penerima untuk segera melengkapi data dan karya di laman https://apb.kemdikbud.go.id. Hilmar mengatakan, masih banyak sekali calon penerima yang belum mengunggah karya sebagai syarat pencairan APB.

“Maka dari itu, kami meminta pelaku budaya yang namanya sudah tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Daftar Nama Calon Penerima Bantuan untuk segera membuat akun dan melengkapi data di laman https://apb.kemdikbud.go.id agar bantuan dapat segera diterima,” jelas Hilmar.

Hilmar juga menambahkan, penerima APB dapat segera membuat akun dan mengunggah data berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), buku rekening, dan bukti karya sesuai profesi pencipta karya. Proses pelengkapan data, karya, dan verifikasi akan berlangsung hingga Minggu (15/11/2020).

Karya dan data calon penerima yang telah terverifikasi akan segera diajukan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Selanjutnya, pihak KPPN akan mengirim dana ke bank penyalur yang akan diteruskan ke rekening masing-masing penerima bantuan.

klik https // cekbansos.siks.kemsos.go.id Untuk Cek Daftar Penerima Bantuan sosial BST Rp500 Ribu Per KK Non PKH

Adapun dana yang diberikan adalah sebesar Rp 1 juta per orang. Dan jika dalam proses penyaluran terdapat rekening yang tidak aktif, akan terjadi pengembalian dana atau retur. Kemudian, calon penerima yang rekeningnya tidak aktif tersebut akan dibukakan rekening baru oleh bank penyalur untuk menerima bantuan APB.

Dijelaskan juga olehnya, penerima APB dengan rekening baru dapat mencairkan dana ke bank setelah menerima surat pengantar dan pemberitahuan nomor rekening melalui alamat e-mail penerima yang didaftarkan di apb.kemdikbud.go.id.

Distribusi dana APB tahap kedua akan mulai dilakukan secara bertahap mulai Senin (9/11/2020). Hilmar berharap, bantuan pemerintah ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pelaku budaya. Sebagai wujud transparansi, penerima APB harus mengikuti serangkaian proses verifikasi yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud.

“Penggunaan format digital dalam pengumpulan karya dan penyaluran ke rekening bank penerima adalah bentuk transparansi dan akuntabilitas bantuan dari pemerintah,” ujar Hilmar.

Apabila menemui kendala, calon penerima APB dapat menghubungi layanan suara di nomor 0878-1904-9115 yang aktif setiap Senin sampai Jumat pukul 08.00-16.00 WIB.

Download Formulir BLT BPUM, Lengkapi Syaratnya Dapatkan Bantuan Rp 2,4 Juta

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai Klik apb.kemdikbud.go.id Untuk Cek Daftar Penerima Bantuan APB Tahap 2. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian yang membutuhkannya. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page