Klik https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id, Cara Daftar KIP Kuliah Secara Online Disini

  • Bagikan

Apakah kamu ingin melakukan pendaftaran KIP Kuliah ke Universitas incaran kamu ? Berikut kami sajikan cara, persyaratan, serta kriteria yang harus kamu siapkan untuk dapat ikut melakukan pendaftaran KIP Kuliah dari Kemdikbud.

KIP Kuliah merupakan salah satu program dari pemerintah khusunya dari Kemdikbud untuk para alumni/lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau sederajat yang memiliki potensi dan bakat akademik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Lalu apa perbedaan dari KIP Kuliah dengan Bidik Misi ? Pada dasarnya memiliki tidak jauh berbeda, jika bidik misi sistem seleksi terintegrasi dengan sistem seleksi masuk kampus, peserta bidik misi yang sudah mendaftar dan memilih salah satu jalur masuk Perguruan Tinggi jika dinyatakan lulus akan otomatis menerima beasiswa Bidik Misi.

Klik Link https //pip.kemdikbud.go.id/index/cek nisn Cek Penerima PIP 2020 Disini

Melansir dari halaman resmi Kemdikbud, KIP Kuliah dikhususkan untuk calon mahasiswa/lulusan SMA sederajat tahun berjalan atau yang sudah lulus dua tahun sebelumnya.  Sementara itu untuk peserta KIP Kuliah 2020 adalah lulusan SMA/sederajat tahun 2020, 2019 atau 2018 dan yang belum menjadi mahasiswa.

Sedangakan bagi mahasiswa PTN/PTS yang ada di bahwa Kemdikbud akan disediakan beasiswa beruapa biaya pendidikan Peningkatan Potensi Akademik (PPA) melalui bagian kemahasiswaan masing-masing Perguruan Tinggi.

Keunggulan KIP Kuliah

KIP Kuliah memliki beberapa keunggulan yang tidak didapat dari program bantuan beasiswa lainya. Menurut pernyataan dari website Kemdikbud, berikut adalah keuntungan yang diberikan :

  • Jumlahnya lebih banyak dari Bidikmisi yakni lebih dari 400.000 orang untuk tahun 2020. (bidikmisi 2019 130.000 beasiswa)
  • Lebih banyak memberi akses kepada Pendidikan vokasi
  • Sistem terintegrasi dengan Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi.
  • KIP Kuliah terbagi menjadi 2 kekompok yaitu KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi
  • KIP Kuliah Afirmasi, antara lain meliputi Bantuan Biaya Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk ADik Papua, ADik Papua Barat dan ADik 3T.

Dengan banyaknya keunggulan yang diberikan, maka tidak ada salahnya jika kamu mulai mendaftar beasiswa ini, tapi sebelum mendaftar, simak persyaratan yang harus kamu miliki berikut ini.

Login kip.kemdikbud.go.id 2020 Cek Nama Siswa Penerima PIP 2020 Disini

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

Berikut adalah syarat yang harus kamu penuhi untuk dapat melakukan pendaftaran KIP Kuliah. Dilansir dari web resmi Kemdikbud, berikut adalah daftarnya :

  • Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan  dengan  potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga  Sejahtera;
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Jika kamu sudah yakin akan persyaratan diatas, simak prosedur pendaftran KIP Kuliah berikut ini,

Prosedur Pendaftaran KIP Kuliah

Berikut adalah prosedur lengkap untuk melakakan pendaftaran beasiswa ini.

Laman KIP Kuliah
Laman KIP Kuliah
  • Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps*;
  • Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif;
  • Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah**;
  • Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  • Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  • Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Login https //pip.kemdikbud.go.id/index/cek nisn Untuk Cek Dana Bantuan PIP 2020

Akhir Kata

Demikian artikel mengenai Klik https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id, Cara Daftar KIP Kuliah Secara Online. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian yang sedang mencari informasi tentang pendaftaran, persyaratan, dan prosedur daru KIP Kuliah . Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page