Cara Mengatasi Nama Yang Tidak Ada di eFORMBRI

  • Bagikan
Solusi Nama Tidak Ada di eform.bri.co.id dengan Daftar BPUM UMKM
Solusi Nama Tidak Ada di eform.bri.co.id dengan Daftar BPUM UMKM

Nama kalian tidak ada di eform.bri.co.id sebagai penerima bantuan BPUM UMKM?, Berikut akan saya berikan solusi untuk mengatasinya agar kalian bisa terdaftar disana.

Cek Penerima Bantuan UMKM Online Dengan Akses eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum

Dengan diperpanjangnya pendaftaran Program Bantuan Presiden Produktif (BPUM) oleh pemerintah gingga akhir November nanti, tentu ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia. Yang artinya, bantuan dana senilai Rp. 2,4 juta yang diperuntukan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) masih bisa kalian dapatkan pada bulan Oktober ini.

Menariknya lagi, meski bantuan ini diperoleh melalui bank, namun bukan berarti adalah dana yang diberikan adalah pinjaman atau kredit dari bank. Dana BPUM merupakan hibah pemerintah yang artinya kalian tidak perlu mengembalikannya. Karena program ini sudah berlangsung sejak beberapa bulan yang lalu, maka sudah banyak masyarakat yang telah menerima BPUM. Sementara lainnya baru dalam proses verifikasi dan pencairan.

Login eform.bri.co.id/bpum Untuk Cek Penerima Bantuan UMKM Online

Cek Penerima UMKM di eform.bri.co.id

Sebelumnya memang ada sebagian orang yang mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah nama mereka terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak. Ada juga yang cuma tahu bahwa namanya telah terdaftar yang infonya didapat dari SMS yang dikirimkan BRI. Akibatnya, masyarakat berbondong-bondong menuju kantor cabang BRI terdekat guna mengecek apakah menerima bantuan UMKM atau tidak.

Cara Cek Bantuan UMKM Online di http://pembiayaan.depkop.go.id/index.php/public/penerima

Oleh sebab itu, Untuk mencegah warga agar tidak berkumpul atau berkerumun di bank serta dalam rangka mencegah penyebaran virus Covid-19, pihak BRI pun akhirnya mengambil kebijakan yaitu dengan memuat web aplikasi untuk pengecekan secara online bernama eFORMBRI.

Nah, bagi kalian yang ingin mencoba aplikasi tersebut, kalian bisa mengunjungi link eform.bri.co.id, setelah itu tinggal masukkan saja nomor eKTP kalian, masukkan kode verifikasidan tekan tombol Proses. Apabila nama serta no rekening kalian terdaftar, maka silahkan pergi ke bank BRI terdekat untuk melakukan verifikasi dan pencairan dana, jangan lupa bawa eKTP asli saat ke bank.

Solusi Nama Tak Muncul di eform.bri.co.id

Jika nama kalian tidak terdaftar, ternyata bisa melakukan daftar secara online. Nah, setelah dilakukan pengecekan di link eform.bri.co.id, namun nama kalian ternyata tak terdaftar, maka tak perlu khawatir, karena kalian masih punya kesempatan untuk melakukan pendaftaran online. Untuk melakukannya kalian bisa mencoba daftar bantuan UMKM di link resmi https://siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id/, hanya saja link tersebut sangat sulit untuk diakses lagi.

Dan solusi atau jalan keluarnya adalah kalian bisa mendaftar melalui link dinas UMKM setempat. Sudah banyak dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota yang membuka pendaftaran secara online melalui Google Form. Walaupun memang belum semua dinas daerah yang membuka metode pendaftaran online seperti ini. Untuk melihat Kabupaten atau Kota mana saja yang sudah membuka pendaftaran secara online, kalian dapat menyimak artikel  yang sudah saya share beberapa hari yang lalu, berjudul Link Daftar Bantuan UMKM Kabupaten Kota.

Karena memang belum semua kabupaten/kota ada link pendaftaran online. Saya akan memberikan sedikit tips dan trik yang bisa coba untuk menemukan link pendaftaran online kota atau kabupaten kalian. Pertama silahkan coba akses website dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota kalian, apabila kalian tidak tahu situs dinas koperasi dan UMKM tersebut, silahkan buka aplikasi browser di HP kalian, dan kemudian ketikkan dinas koperasi kabupaten kota kalian di Google, maka akan muncul informasi lengkap disana mengenai apa yang kalian cari. Nah, Setelah didapat, carilah apakah di website tersebut terdapat informasi mengenai pendaftaran BPUM secara online atau tidak.

Sumber informasi lain bisa kalian cari di media sossial seperti misalnya grup Facebook. Kalian bisa bergabung ke grup UMKM kabupaten kota tempat kalian tinggal. Atau untuk umumnya bisa juga join grup UMKM Indonesia. Biasanya di grup-grup seperti itu akan ada banyak informasi yang bisa kalian dapatkan. Banyak sekali anggota grup yang membagikan link pendaftaran online BPUM serta membantu kalian.

Cara Daftar Bantuan UMKM Online di https://bit.ly/BIODATAUMKM

Daftar BPUM UMKM ke Dinas UMKM

Perlu kalian ketahui, setiap daerah memiliki kebijakan tersendiri mengennai pendaftaran UMKM. Ada yang membuka pendaftaran secara online, dan juga yang cuma offline. Artinya bila link pendaftaran online tidak ditemukan, maka kalian harus melakukan pendaftaran secara langsung dengan pergi ke dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota tempat tinggal kalian.

Memang kalian juga dapat mendaftar melalui lembaga pengusul lain seperti koperasi dan perbankan, namun disarankan untuk daftar ke dinas UMKM setempat. Biasanya setiap kelurahan atau desa sudah diarahkan ke dinas UMKM setempat agar tak perlu ke kantor dinas, kalian cukup memasukkan data ke kepala lingkungan, atau lurah, kepala desa setempat. Selanjutnya perangkat desa yang akan mengumpulkan lalu membawa data kalian ke dinas UMKM kabupaten kota untuk diusulkan ke pusat sebagai penerima BPUM UMKM.

Oleh karena itu, tanyakan informasi mengenai hal ini ke perangkat desa setempat atau usulkan supaya pendaftarannya lebih dipermudah. Sehingga sebelum pendaftaran berakhir, nama kalian telah terdaftar sebagai penerima bantuan.

Cara dan Syarat Daftar BLT UMKM Lengkap Terbaru!

Akhir Kata

Demikian informasi beserta solusi apabila nama kalian tak ada di eform.bri.co.id sebagai penerima bantuan BPUM UMKM. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian dalam memperoleh bantuan UMKM ini. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close