√ Nama Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id, Begini Solusi Daftar BPUM UMKM | BakaMitai

Nama Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id, Begini Solusi Daftar BPUM UMKM

UMKM
UMKM

Nama Tidak Terdaftar di eform.bri.co.id, Begini Solusi Daftar BPUM UMKM

Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah telah resmi memperpanjang pendaftaran Program Bantuan Presiden Produktif (BPUM) hingga akhir November.

Artinya, bantuan dengan nominal sebesar Rp 2,4 juta yang diperuntukan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) masih bisa Anda dapatkan pada Oktober 2020 ini.

Menariknya, walaupun bantuan ini Anda peroleh melalui bank, tapi bukan berarti adalah pinjaman dari bank. Dana BPUM adalah hibah pemerintah jadi tidak perlu Anda kembalikan.

Sudah banyak masyarakat yang telah menerima BPUM. Pasalnya program ini sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. Sementara lainnya baru saja dalam proses verifikasi dan pencairan.

Download Formulir BLT BPUM, Lengkapi Syaratnya Dapatkan Bantuan Rp 2,4 Juta

Cek Penerima UMKM di eform.bri.co.id

Sebelumnya masyarakat mengalami kesulitan untuk mengetahui apakah namanya terdaftar sebagai penerima atau tidak. Banyak yang hanya tahu namanya terdaftar melalui SMS dari info BRI.

Akibatnya, kantor cabang BRI yang tersebar di Indonesia, beramai-ramai dikunjungi masyarakat guna mengecek keberadaan nama mereka apakah menerima bantuan UMKM atau tidak.

Maka dari itu, pihak BRI akhirnya mengambil kebijakan membantu warga agar tak berkerumun di bank. Yakni dengan menyediakan link pengecekan secara online.

Silahkan klik di link ini eform.bri.co.id kemudian masukkan nomor KTP Anda. Jangan lupa masukkan kode verifikasi yang tertulis di sampingnya.

Jika nama Anda terdaftar, maka silahkan pergi ke bank BRI terdekat untuk melakukan verifikasi dan pencairan. Anda cukup membawa eKTP asli ke bank.

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM Online di https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum

Jika Nama Tak Terdaftar, Bisa Daftar Online

Setelah dilakukan pengecekan di link eform.bri.co.id dan nama Anda ternyata tak terdaftar, maka tak perlu kecewa. Anda masih punya kesempatan melakukan pendaftaran secara online.

Anda bisa mencoba daftar bantuan UMKM di link resmi https //siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id. Hanya saja, link ini sangat sulit untuk diakses lagi.

Jalan keluarnya Anda bisa mendaftar melalui link dinas UMKM setempat. Banyak dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota yang membuka pendaftaran secara online melalui google form.

Cara ini sebetulnya sangat disarankan di tengah pandemi Covid-19. Namun belum semua dinas setempat membuka metode pendaftaran online seperti ini.

Kabupaten kota apa saja yang membuka pendaftaran secara online, dapat Anda ketahui di website ini. Go-bizz.com telah mendapatkan link daftar BPUM sejumlah kabupaten kota di bawah ini.

Hanya saja, memang belum semua kabupaten/kota ada linknya. Trik yang bisa kami berikan bagi Anda, adalah pertama silahkan coba mencari website dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota Anda.

Silahkan buka browser di HP Anda kemudian ketikkan dinas koperasi kabupaten kota Anda. Setelah didapat, carilah apakah terdapat informasi pendaftaran BPUM secara online di website resmi pemerintah tersebut.

Kedua, bergabunglah di berbagai grup platform media sosial. Seperti misalnya Facebook. Masuk ke grup UMKM kabupaten kota Anda. Bisa juga grup UMKM Indonesia.

Biasanya ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan di dalamnya. Banyak anggota grup yang membagikan link pendaftaran online BPUM.

Klik www.kemnaker.go.id Untuk Cara Cek Pencairan BLT BPJS Gelombang 2

Daftar BPUM UMKM Langsung ke Dinas UMKM

Anda perlu ketahui memang setiap daerah memiliki kebijakan tersendiri mengennai pendaftaran UMKM. Ada yang membuka secara online, tetapi juga hanya offline.

Yang artinya bila link pendaftaran online tidak ditemukan, adalah Anda harus daftar dengan pergi langsung ke dinas koperasi dan UMKM kabupaten kota Anda.

Memang Anda juga bisa daftar melalui lembaga pengusul lain seperti koperasi dan perbankan. Tapi disarankan untuk daftar ke dinas UMKM setempat.

Biasanya juga setiap kelurahan atau desa sudah diarahkan dinas UMKM setempat agar tak perlu ke kantor dinas. Anda cukup memasukkan data ke kepala lingkungan, atau lurah, kepala desa setempat.

Nanti perangkat desa yang mengumpulkan lalu membawa nama Anda ke dinas UMKM kabupaten kota untuk diusulkan ke pusat sebagai penerima BPUM UMKM.

Oleh karena itu, tanyakan informasi ini ke perangkat desa setempat atau usulkan supaya pendaftarannya lebih dimudahkan. Sehingga sebelum pendaftaran berakhir, nama Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan.

Seperti itulah informasi dan solusi apabila nama Anda tak ada di eform.bri.co.id sebagai penerima bantuan BPUM UMKM. Semoga berguna.

Klik www.kemnaker.go.id Untuk Cara Cek Pencairan BLT BPJS Gelombang 2