Link Pendaftaran Online BPUM Tahap 3 Kab. Sragen April 2021

Link Pendaftaran BPUM 2021 Kabupaten Sragen
Link Pendaftaran BPUM 2021 Kabupaten Sragen

Silahkan datang kesini, bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai link pendaftaran peserta penerima bantuan BPUM / banpres UMKM Tahap 3 2021 untuk Kab. Sragen. Berikut ini adalah syarat dan link form pendaftaran BPUM Tahap III Kabupaten Sragen terbaru ( Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Sragen ) Bulan April 2021.

Link Pendaftaran Online BPUM 2021 Kab. Sragen ?

Pendaftaran Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM Gelombang 3 tahun 2021 sudah dimulai. Sebanyak 9,8 juta UMKM akan mendapatkan bantuan modal usaha. Berbeda dengan tahun lalu, untuk tahun 2021 ini setiap UMKM akan mendapatkan bantuan modal Rp 1,2 juta.

Dikutip dari Antara, anggaran BLT UMKM yang disiapkan sebesar Rp15,36 triliun.

“Bantuan ini diberikan kepada seluruh pelaku usaha mikro terdampak pandemi. Baik sudah menerima tahun lalu, maupun belum menerima yang sudah diusulkan ataupun yang sedang diproses,” ujar Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya, dalam jumpa pers di Jakarta.

Eddy mengatakan, penyaluran BLT UMKM akan dilakukan secara bertahap sampai dengan kuartal ke-3 2021. Untuk tahap pertama, pemerintah telah menyediakan anggaran sebesar Rp 11,76 triliun bagi 9,8 juta pelaku usaha mikro.

Sedangkan anggaran tahap kedua sebesar Rp 3,6 triliun bagi 3 juta pelaku usaha mikro.

“Bagi yang menerima tahun lalu memang tidak semua yang dapat tahun ini, karena kami melakukan evaluasi terhadap penerima yang tahun lalu ada kekurangan, salah satunya salah sasaran sehingga itu dibersihkan datanya,” katanya lagi.

Sama seperti tahun lalu, pendaftaran BLT UMKM atau BPUM di kantor Dinas Koperasi dan UMKM di tiap kabupaten/kota. Namun karena masa pandemi ini, ada sejumlah daerah yang membuka juga pendaftaran via online.

Link Daftar Bantuan UMKM Tahap 3 Kabupaten Sragen ?

INFO TAMBAHAN Cara Daftar Online UMKM Kab. Sragen

Pemerintah kembali menggulirkan program penguatan UMKM melalui bantuan pemerintah bagi pelaku UMKM (BPUM) tahun 2021.

Bantuan pemerintah pusat yang diberikan untuk menyubsidi pelaku usaha di masa pandemi itu, kini mulai dibuka pendaftarannya sejak Senin (12/4/2021).

PLt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sragen, Tedi Rosanto melalui Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro, Dewi Dwi Hastuti mengatakan program BPUM UMKM tahun 2021 sudah dibuka pendaftarannya sejak 12 April 2021 kemarin dan akan ditutup pada 22 April 2021.

Masyarakat yang memiliki usaha mikro atau kecil bisa memanfaatkan program bantuan pemerintah bagi pelaku UKM (BUPM) itu dan bisa mendaftar langsung dengan menyerahkan berkas ke Disperinkop UKM Sragen.

“Pendaftaran kita buka mulai tanggal 12 April kemarin sampai 22 April. Sebenarnya dari provinsi pendaftarannya ditutup tanggal 23 April, tapi karena kami harus mengirim paling lambat 23 April, sehingga pendaftaran di daerah kita tutup 22 April 2021,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (14/4/2021).

Dewi mengungkapkan ada beberapa perubahan pada mekanisme dan bantuan BPUM kali ini. Jika pada 2020 pendaftaran bisa dilakukan cukup dengan online, kali ini pendaftaran dilakukan offline.

Pendaftar harus melengkapi berkas persyaratan dan berkas dikumpulkan ke Disperinkop UMKM.

Adapun persyaratan adalah pelaku UMKM atau usaha mikro, mengumpulkan fotokopi KTP, Fotokopi KK, surat ijin usaha atau surat keterangan usaha dari pemerintah desa atau kelurahan setempat.

Kemudian disertai dengan foto tempat usaha. Semua berkas dijadikan satu kemudian dikirim ke dinas.

“Semua berkas dikirim ke dinas. Dan harus ada foto usahanya,” terangnya.

Kemudian, nominal bantuan tahun ini juga berbeda. Jika pada 2020 nominal bantuannya Rp 2,4 juta, kali ini pemerintah menetapkan nominal BPUM hanya Rp 1,2 juta saja.

Setelah berkas terkumpul, nantinya akan dikirim ke Provinsi dan diteruskan ke Kementerian. Proses verifikasi berkas dan penentuan kelayakan sepenuhnya ada di tangan kementerian.

“Nanti yang layak dan dinyatakan lolos, akan diberitahu via HP masing-masing. Di berkas persyaratan juga diminta menyertakan no HP,” terangnya.

Mengingat pendaftaran langsung ke dinas, pihaknya sudah menyiapkan strategi menghindari kerumunan. Yakni dengan menyiapkan kotak khusus untuk pendaftar bantuan BPUM.

Kotak itu diletakkan di depan kantor Disperinkop UMKM dan masyarakat yang ingin mendaftar bisa langsung memasukkan berkas ke kotak itu.

“Nanti petugas kami akan mengambil berkas yang masuk. Jadi tidak ada kontak antara petugas dengan pendaftar sehingga tidak ada kerumunan,” tandasnya.

Dewi menambahkan untuk BPUM tahun 2021 ini, belum asa informasi berapa kuota yang disediakan oleh pemerintah. Yang jelas untuk sementara pendaftaran hanya dibatasi dengan durasi waktu yakni 12 hingga 23 April 2021.

Sumber: https://joglosemarnews.com/2021/04/kabar-baik-program-bantuan-bpum-umkm-sragen-tahun-2021-dibuka-lagi-mulai-kemarin-nominal-bantuannya-rp-12-juta-berikut-syarat-syarat-dan-cara-mendaftarnya/

Klik Daftar Bantuan UMKM 2021 Gelombang 3 Kabupaten Sragen

Kabar gembira bagi masyarakat Kab. Sragen. Pendataan UMKM / Usaha Mikro Kecil Menengah penerima BANPRES Tahap 3 Tahun 2021 di wilayah Kabupaten Sragen sudah dibuka pada bulan April 2021 ini, dan anda bisa mendaftar sebagai penerima bantuan UMKM secara offline.

Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Sragen menyatakan ada beberapa kriteria dan persyaratan yang harus dipenuhi agar dapat menjadi penerima BANPRES PUM Tahap 3 sebesar Rp. 1,2 juta, berikut adalah syarat-syaratnya.

Syarat Penerima Banpres UMKM Kabupaten Sragen

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dapat melakukan pendaftaran sebagai penerima bantuan UMKM / BPUM Gelombang III tahun 2021 sebesar Rp. 1,2 juta:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Mempunyai NIK/KTP Elektronik.
  3. Menjadi pelaku usaha MIKRO produksi/jasa di wilayah Kab. Sragen.
  4. Usaha yang dimiliki sudah berjalan minimal selama 6 bulan.
  5. Memiliki NIB & IUMK OSS/ IUMK sesuai dengan nama pemohon.
  6. Tidak sedang menerima KUR.
  7. Bukan sebagai debitur (memiliki hutang) di perbankan dan lembaga pembiayaan apapun.
  8. Jika memiliki rekening tabungan aktif di bank/lembaga pembiayaan, saldo maksimal harus tidak lebih dari Rp. 2 juta dan sesuai dengan nama pemohon.
  9. Pemohon bukan merupakan pegawai atau anggota PNS/TNI/Polri/BUMN/BUMD.

Nah, apabila anda merasa sudah memenuhi persyaratan di atas, maka langsung saja melakukan pendaftaran untuk menjadi penerima Banpres UMKM Kab. Sragen. Bagaimana caranya?, silahkan simak tutorialnya dibawah.

Cara Mendaftar BPUM Tahap 3 2021 Kabupaten Sragen

Sayangnya, menurut informasi yang beredar untuk Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan , Diskop UMKM Kabupaten Sragen saat ini tidak membuka pendaftaran penerima BPUM 2021 / BPUM Tahap 3 secara online lewat link pendaftaran http:// bit.ly atau Google Form.

Sebagai gantinya, Dinas terkait membuka pendaftaran baru penerima manfaat bantuan untuk pelaku UMKM sebesar Rp. 1,2 Juta secara offline di Kantor Kelurahan/Desa Setempat Secara Kolektif.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Daftar BANPRES UMKM Kabupaten Sragen 2021 Bulan April 2021. Semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian yang sedang membutuhkannya. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

close button